Jumat, 11 Juni 2010

Cat body vespa

Cat body vespa

Urutanya dapat dibuat sebagai berikut:
1. Kerok abis pake api.
2. Centerin leher tengah dengan tatakan jok, sayap kanan-kiri dengan jok. Caranya, pake balok ama dongkrak. Lihat berapa ulir dongkrak, masing-masing harus sama. Cara ini hanya jika Anda mengganti dek.
3. Setelah di kerok, lapis anti karat sebanyak 2 kali. Usahan satu merk, dengan cat.
4. Setelah kering, lapis dengan epoxi, sebanyak 2 lapis. Tunggu sampai seminggu. Kenapa? karena epoxi kalo di diamkan semakin lama, semakin menyatu dengan pelat.
5. Setelah itu naik depul. Ingat, hanya utk bagian yang cekung. Sebelumnya, tutup dulu nat (garis-garis pada body), nat hidung, nat pinggul belakang dengan benang kasur. Tujuanya, agar nat tetap dalam.
6. Selanjutnya pengamplesan, 250-400-1000, jangan lupa sambil diguyur air, bukan dengan ampelas di celup terus digosok.
7. Lapis dengan epoxi tahap 2, sebanyak 2 lapis.
8. Seminggu kemudian, lapis dengan meni merah.
9. Lapis dengan cat dasar, abu-abu untuk warna terang, merah bata untuk warna gelap dan metalik.
10. Siram dengan cat warna, dengan lapisan yang berbeda. Bagian boks kanan-kiri 5 lapis, dek 5 lapis, pinggul 4 lapis, hidung depan 4 lapis, bagian bawah 4 lapis, bagian dalam sepatborad dan engine room 4 lapis. kenapa? Vespa itu membulat, bukan kayak pelat rata. Jadi saat tertimpa cahaya, permukaanya akan menerima intensitas dengan kadar yang berbeda.
11. Kalau sudah kering, lapis dengan pernis, dengan komposisi yang sama seperti langkah 10.
12. Lapisan vernis yang telah benar2 kering, bisa dikompon kalau mau timbul efek cermin. Tapi, kalo mau efek brintik, sebaiknya jangan dikompon.
13. Perhatikan hal2 berikut;
a. Sebelum mengepoxi tangki, jemur di terik matahari. Lap dengan thiner, jangan tunggu sampai adem, langsung aja. Cara ini membuat epoxi menjadi keras, sehingga cat gak mudah belang saat terkena bensin.
b. Jangan pernah pake flingkot untuk bagian bawah dek. Flingkoat terbuat dari karet. Lontaran kerikil dan pasir, bisa membuatnya jadi kasar, dan bolong2.

Langkahnya emang panjang, tetapi meminimkan dempul, yang otomatis meninimkan retak.
Oh iya, cara ini timbul hasil diskusi dengan tukang cat langganan, yang sekarang ngecat mobil. Padahal dulu (tahun 90'an) ngecat Vespa. Hasilnya? Garansi satu tahun, kalau timbul retak atau kulit jeruk, belang pada tangki bensin, motor dicat ulang tanpa bayar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TV ONLINE