Jumat, 11 Juni 2010

Cat body vespa

Cat body vespa

Urutanya dapat dibuat sebagai berikut:
1. Kerok abis pake api.
2. Centerin leher tengah dengan tatakan jok, sayap kanan-kiri dengan jok. Caranya, pake balok ama dongkrak. Lihat berapa ulir dongkrak, masing-masing harus sama. Cara ini hanya jika Anda mengganti dek.
3. Setelah di kerok, lapis anti karat sebanyak 2 kali. Usahan satu merk, dengan cat.
4. Setelah kering, lapis dengan epoxi, sebanyak 2 lapis. Tunggu sampai seminggu. Kenapa? karena epoxi kalo di diamkan semakin lama, semakin menyatu dengan pelat.
5. Setelah itu naik depul. Ingat, hanya utk bagian yang cekung. Sebelumnya, tutup dulu nat (garis-garis pada body), nat hidung, nat pinggul belakang dengan benang kasur. Tujuanya, agar nat tetap dalam.
6. Selanjutnya pengamplesan, 250-400-1000, jangan lupa sambil diguyur air, bukan dengan ampelas di celup terus digosok.
7. Lapis dengan epoxi tahap 2, sebanyak 2 lapis.
8. Seminggu kemudian, lapis dengan meni merah.
9. Lapis dengan cat dasar, abu-abu untuk warna terang, merah bata untuk warna gelap dan metalik.
10. Siram dengan cat warna, dengan lapisan yang berbeda. Bagian boks kanan-kiri 5 lapis, dek 5 lapis, pinggul 4 lapis, hidung depan 4 lapis, bagian bawah 4 lapis, bagian dalam sepatborad dan engine room 4 lapis. kenapa? Vespa itu membulat, bukan kayak pelat rata. Jadi saat tertimpa cahaya, permukaanya akan menerima intensitas dengan kadar yang berbeda.
11. Kalau sudah kering, lapis dengan pernis, dengan komposisi yang sama seperti langkah 10.
12. Lapisan vernis yang telah benar2 kering, bisa dikompon kalau mau timbul efek cermin. Tapi, kalo mau efek brintik, sebaiknya jangan dikompon.
13. Perhatikan hal2 berikut;
a. Sebelum mengepoxi tangki, jemur di terik matahari. Lap dengan thiner, jangan tunggu sampai adem, langsung aja. Cara ini membuat epoxi menjadi keras, sehingga cat gak mudah belang saat terkena bensin.
b. Jangan pernah pake flingkot untuk bagian bawah dek. Flingkoat terbuat dari karet. Lontaran kerikil dan pasir, bisa membuatnya jadi kasar, dan bolong2.

Langkahnya emang panjang, tetapi meminimkan dempul, yang otomatis meninimkan retak.
Oh iya, cara ini timbul hasil diskusi dengan tukang cat langganan, yang sekarang ngecat mobil. Padahal dulu (tahun 90'an) ngecat Vespa. Hasilnya? Garansi satu tahun, kalau timbul retak atau kulit jeruk, belang pada tangki bensin, motor dicat ulang tanpa bayar.

CARA MERAWAT VESPA

Untuk kelancaran Vespa kita ada baiknya mengikuti Tips berikut :

Dalam perjalanan Selalu membawa cadangan: tali kopling, busi,
amplas serta tang, obeng dan kunci serat ban serep.
Soalnya kalau tali kopling sudahputus, biar gak repot nyari bengkel.
Karena itu kalau sudah 'terasa' akan putus, buru2 diganti, agar tidak menyusahkan.

Jgn lupa pawa kunci :
1. Kunci leter T ukuran : 11 buat kaburator dan 13
buat Ganti Ban
2. Kunci leter T untuk buka/pasang Busi terdiri 3
ukuran (jadi Satu)

nyampur sendiri agar lebih irit dan kualitas mesin
bisa kita pertanggungjawabkan.
Dan kalau kemana-mana ada baiknya bawa oli, jgn isi
bensin sembarangan nanti brebet.
rajin TuneUp bila sering dipakai... serta bersihin
arang

============================================

Kalo siSemok sukar hidup (ngeberebet), biasanya adanya
gangguan pada :
1. Sistem penyaluran bahan bakar
2. Bagian pengapiannya yang nggak bekerja sempurna.

Penyebabnya biasanya
1. Mesin banjir;
2. spuyer/saluran karburator tersumbat/kotor
3. keran bensin (fuel cook) tersumbat/kotor,
4. pengapian terganggu (pake CDI apa pake platina).


nih sedikit tips perawatan
1. Periksa bagian bensin apakah masih terisi cukup.
2. Buka tutup mesin, kemudian periksa saluran bensin
perhatikan apakah jalannya bensin ke karburator
tersumbat.
3. jika karbu bermasalah "banjir/ngocor" Tutup keran
bensin, copot businya.
4. Cek Pengapian lewat busi, apakah bagian pemantik
apinya bersih, ampelas sedikit bagian kepala busi bila
kotor yang biasanya kotoran itu karena tertutupi oli.
Kotornya busi itu menyebabkan bunga api lemah atau
berwarna merah.
5. Bisa juga busi tidak nyala/nggak normal di
antaranya karena busi nggak sesuai/rusak,celah busi
standarnya sekira 0,6 mm,
6. kabel busi atau tutup busi sobek-sobek bahkan aus,
kondensator atau koil tegangan tingginya rusak
(penyetelan pengapian tidak tepat)


beberapa spesifikasi spuyer vespa (dari bengkel GW
yang udah jadi langganan selama 9 tahun+TONGKRONGAN)
yang penting kalo oli samping jgn terlalu irit pake
aja 2% (maks 1 : 2) berikut pilot-jet(spuyer
kecil/spuyer langsam)
48-160, 80-140,85-140, 95-160, 105-160
kalo gw sih pake 95-160 (mayan irit 1:40) asal jgn
digeber ajah bawanya nyantai (40-60 km) kalo mo lari
silakan pake pilot-jet yang lebih besar kompresi disesuaikan


Silakan mencoba..
ada baiknya dicoba bongkar sendiri jadi kalo ada apa2x
bisa mengenali penyakitnya vespa.

Tips Merawat Vespa

vespa

Merawat Busi
Vespa identik dengan Busi. Hal ini disebabkan Vespa adalah kendaraan roda dua yang paling sering ganti busi. Tapi apakah Vespa kita bisa dibikin tidak gonta ganti Busi ? Jawabannya bisa.
Busi yang berumur panjang (tdk gonta-ganti) tidak sulit. syaratnya adalah perawatan yang telaten dari pemakai kendaraan. Dalam bahasa montir bengkel “TIDAK ADA BUSI MATI”. Apakah benar kata-kata itu ? Dibawah ini pengalaman penelitian kecil telah membuktikan, bahwa busi motor vespa tdk perlu gonta ganti, alias berumur panjang.
Busi terdiri atas dua titik dari arus positif (+) dan arus negatif (-). Kedua titik tersebut jika dihubungkan dengan pengaturan dari platina / CDI akan menghasilkan / memercikan api. Api inilah yang akan membakar Bensin yang telah dikabutkan oleh karburator. diantara kedua titik tersebut (ditengah) akan dilapisi oleh isolator.
Busi suka dikatakan MATI dan harus diganti jika lapisan isolator tersebut ditutupi oleh kerak/jelaga hasil pembakaran di ruang Blok mesin. Kenapa ada kerak ? jawabannya adalah pada kualitas bahan bakar dan oli pelumasan yang terdapat di Vespa. ingat Vespa itu kendaraan 2 tak, jadi bensin yang dibakarnya mengandung banyak oli.
Bahan Bakar (bensin) dengan kualitas (oktan) rendah akan menyisakan banyak jelaga pada komponen-komponen pembakaran. Jika memungkinkan sebaiknya kendaraan bermotor memakai bensin oktan tinggi semisal Pertamax keluaran Pertamina atau Shell super. Demikian juga dengan oli samping, akan banyak meningggalkan kerak / jelaga jika oli samping dengan kualitas (bahan aditif) yang rendah. Dan mengingat di pasaran banyak beredar banyak merk oli samping, kepada para pemilik kendaraan scooter memiliki pemahaman bagaimana memilih oli yang baik. Jangan lupa banyak juga oli samping palsu yang beredar.

Untuk mengatasi bertumbuknya jelaga / kerak di busi (isolator) tadi bisa dilakukan dengan membersihkannya secara rutin. Bukalah busi dari cilinder cop. Bersihkan memakai kuas dengan kerosin / solar / bensin. atau bisa juga bersihkan dengan memakai sikat besi.

Kuas dan sikat tersebut hanya mampu membersihkan isolator yang kelihatan, bagaimana utk bagian dalam yang tidak kelihatan ?. Pergunakanlah 3 – 5 helai kawat baja dari tali kopling yang sudah tidak dipakai. Isi lubang isolator dengan bensin, korek terus bagian isolator busi yang telah ada keraknya, setelah dilihat kotor, tuang, lalu isi kembali dan korek beberapa kali. Jangan lupa lubang bagian isolator tsb harus dalam kondisi terendam oleh kerosin/bensin/solar, supaya kerak hasil korekan kawat bisa dikeluarkan.
Setelah bersih betul pasang kembali busi di dudukannya dlm cilinder cop. Ingat ketika busi dibersihkan HARUS dalam kondisi setelah dingin. Jangan sekali-kali mencuci busi ketika dalam kondisi panas (baru dicopot dari cilinder cop yg panas), karena itulah penyebab umur busi pendek.
Ingat cara manual diatas harus dengan kesabaran.
Cara manual ini Ada juga yang lebih cepat dalam membersihkan jelaga / kerak di lubang isolator busi. Cara cepat ini tentu saja mengandung resiko yang cukup besar, yakni dengan memakai air accu (air zuur) dan juga air raksa. Caranya dilakukan beberapa langkah seperti berikut :
1. Tuangkan beberapa tetes air accu zuur kedalam lubang isolator busi, biarkan beberapa detik, kemudian tuang
2. Setelah diras cukup membuang kerak, lakukan pencucian dengan mempergunakan sikat (Kuas) dan air sabun rinso.
Model dengan cara ini hanya beberapa detik langsung membersihkan kerak. Tapi sekali lagi jangan terlalu lama, sebab kalau lama, lapisan besi/logam yang tidak memiliki lapisan isolator akan tergerus oleh air zuur. jika lapisan tergerus maka busi akan menajdi terlalu tipis.

PERSENELING VESPA BERAT ?

Posted on August 4, 2005 - Filed Under Tips and Triks | 1 Comment
Tangan pegal sebelah saat menunggang motor kerap dilontarkan pengendara Vespa. Pasalnya, pemindah persneling di setang kiri terasa berat buat diputar. Terlebih ketika menghadapi kemacetan, tangan kiri bisa lebih gede, tuh!
?Padahal bisa dibikin enteng dengan memotong per persnelingnya,? buka Sutrisno, penggawang Jawa Motor di Rawa Belong, Jakbar. Komponen ini bertugas sebagai penahan piringan pemindah gigi. Caranya gampang dan bisa dilakukan sendiri. Yuk, ikuti langkahnya.
Awali membuka tutup bak persneling yang terletak persis di bawah kipas. Supaya lebih leluasa, copot juga tutup kipasnya. Kemudian tarik per keluar pakai tang jepit, atau cungkil pakai obeng minus. Hati-hati saat mencungkil untuk menghindari pegas lompat.
Lanjutkan memotong per menggunakan tang potong. Lalu tarik lagi supaya panjangnya sama dengan semula. Karena ulirnya berkurang, per lebih lembut. Gerakan persneling pun jadi lebih enteng.
Jangan terlalu banyak memotongnya. ?Cukup dua ulir,? kata pria asal solo ini. Memotong lebih dari itu bakal terlalu empuk. Hal ini berbahaya karena persneling jadi terlalu sensitif dan gigi bisa pindah sendiri.

8 Golden Rules of Road Safety

Posted on February 8, 2007 - Filed Under Tips and Triks | 2 Comments
Safety Tips
8 Golden Rules of Road Safety

1. Plan your journey to avoid last minute rush and panic. For long distance journey make sure you are not tired or sleepy. Also never drive under the influence of alchohol or drugs.
2. Obey speed limits. They are there for a purpose.
3. Obey safety rules when changing lanes. Give appropriate signals and check side mirrors and rear view mirror before executing this potentially dangerous traffic manoeuvre.
4. Practise safety at traffic intersections by stopping on red and amber warning signs.
5. Avoid tailgating as it very dangerous.
6. Always overtake safely. Never overtake when in doubt.
7. Don’t jump queue. It is rude and dangerous.
8. Don’t weave through traffic. It is hazardous and risky.
Bahasa Indonesia :


8 Aturan Emas dari Keamanan di Jalan


1. Rencanakan perjalanan anda untuk menghindari kerepotan dan kepanikan ketika mau berangkat. Untuk Perjalanan jarak jauh pastikan anda tidak lelah dan mengantuk. juga jangan berkendara dibawah pengaruh alkohol dan obat-obatan
2. Patuhi batas kecepatan. Batas itu dibuat karena ada tujuannya
3. Patuhi peraturan keamanan ketika berpindah. berilah tanda yang benar dan periksa kaca spion samping dan belakang sebelum melakukan manuver lalulintas yang berpotensi bahaya ini
4. Lakukan langkah keamanan pada perempatan jalan dengan berhenti pada lampu laulintas merah dan kuning
5. Hindari membuntuti kendaraan karena itu sangat berbahaya
6. Selalu Mendahului pada keadaan aman. Jangan Pernah mendahului ketika ragu-ragu
7. Jangan Mendahului antrian. Itu sangat tidak sopan dan berbahaya
8. Jangan Ugal-ugalan di jalanan. Itu berbahaya dan beresiko

Selama 20 tahun, Vespaku belum pernah mogok. Mau…?

Posted on February 5, 2010 - Filed Under Artikel VIO, Tips and Triks | 10 Comments
By : Spartan200
Bagi kebanyakan orang, vespa identik dengan mogok, boros bensin, boros busi, karbu banjir, dan seabrek permasalahan lainnya. Selama 20 tahun pegang Spartan, saya koq belom pernah ngalamin mogok ya Smiley Kalo ban kena paku sih seringSad
Dulu bokap punya Vespa ‘61 dijual tahun 1986 trus beli P150SE (Sera II). Tahun 1989 beli Spartan buat saya sekolah, yang akhirnya saya pakai sampe sekarang. Karena itu pula saya ndak begitu paham dengan vespa berplatina, karena tiap hari cuman pake vespa CDI. Sejak mulai datang dari dealer,  vespaku ndak pernah masuk bengkel. Semua tentang perbaikan saya kerjakan sendiri. Mengapa..? Karena bagi saya vespaku adalah masterpiece. Dia harus diservis secara berkala agar nggak ngambek saat aku naikin.
Servis berkala dilakukan dengan batasan jarak tempuh. Nggak harus tepat bener sich… Biasanya servis berkala saya lakukan tiap 5.000 km. Kebetulan servis berkala yang terakhir sempat  saya potret2, mudah-mudahan berguna khususnya buat rekan-rekan yang baru belajar menjinakkan vespa Smiley Karena tulisan ini ditujukan untuk rekan-rekan yang baru belajar, saya pun menyesuaikan dengan menggunakan peralatan-peralatan sederhana.
Tiap 5000 km, servis berkala meliputi pemeriksaan kabel (kopling, pemindah gigi dan kabel gas), pembersihan karbu, pembersihan ruang bakar dan ganti oli.
Alat-alat yang diperlukan adalah sebagai berikut :


  • Kunci sok ukuran 11, 13 dan 17
  • Kunci pas 6-7 dan 8-9
  • Kunci busi
  • Tang , Obeng + dan -
  • Obeng ketok jika ada
Sebaiknya perbaikan dilakukan saat mesin dingin, untuk menghindari kita terkena panas mesin atawa kenalpot. Urutan langkah kerja berikut ini berdasar kebiasaan. Bagi orang lain mungkin berbeda urutan pengerjaannya.
Langkah pertama adalah menutup kran bensin, Lalu buka cover mesin, tutup karbu, tutup bak pemindah gigi.

Buka niple kabel kopling, pemindah gigi


Lepaskan tudung lampu, jika perlu lepas pula  lampunya agar pekerjaan mudah.

Lepaskan kabel gas, kopling dan kabel pemindah gigi dari tuas pemutar. Bersihkan sendi bergerak dan beri pelumas. Jika kabel rusak, ganti baru.

Jika masih bagus, ambil kantong plastik, lubangi ujungnya, lalu masukkan kabel dan diikat. Tuang sembarang oli secukupnya, usahakan oli baru. Kalau kabel sulit bergerak, isi dengan bensin sebagai tahap awal agar kotoran keluar.

Copotlah karbu dari dudukannya. Bongkarlah karbu agar bisa membersihkan sampai kedalam. Segera periksa pelampung dari kemungkinan bocor. Karena jika pelampung kemasukan bensin, aliran bensin tidak dapat berhenti walau mangkuk karbu telah penuh. Sesuaikan ukuran Pilot Jet, Main Jet, dan Starter Jet sesuai dengan spek pabrik. Jangan sekali-kali memperkecil atau memperbesar lobang spuyer. Periksa dasar karbu (sisi karbu yang menempel ke rumah karbu), jika tidak datar, amplaslah dengan kertas gosok no 800 diatas kaca tebal sampai benar-benar lurus. Jika sisi dasar karbu melengkung, maka saat mesin menyala, bensin yang seharusnya masuk ke lobang hisap dapat keluar dari sisi bawah karbu. Selain itu juga menyebabkan setelan angin tidak ketemu,  yang akhirnya mesin mbrebet. Jika sudah selesai, cuci dengan bensin lalu Bersihkan dengan kompresor atau pompa sepeda motor.   Pasangkembali jika karbu sudah bersih.

Langkah selanjutnya, putarlah kipas sampai lobang hisap tertutup. Tuang minyak tanah kedalam lobang hisap secukupnya saja.(Pada gambar menggunakan oli samping berwarna hijau agar tertangkap jelas di kamera)  Jika mitan turun sangat cepat, bersiaplah turun mesin untuk perbaikan lebih lanjut.  Sad
Jika dipaksakan, konsumsi bensin vespa Anda sudah dipastikan sangat boros, karena saat membuka gas, bensin akan menyembur keluar dari lobang venturi karbu. BBM akan terbuang sia-sia. Disinilah penyebab utama vespa boros BBM.

Langkah selanjutnya, lepas knalpot, lalu buka kepala cylinder dengan melepas 4 baut yang terdapat di kepala cylinder. Lepas pula rumah piston dilanjutkan dengan melepas piston. Penggantian ring ataupun piston, atau kemungkinan sudah membutuhkan oversize tergantung dari  pengukuran toleransi yang diijinkan oleh pabrik. Untuk pengukuran ini dibutuhkan alat ukur khusus, misalnya jangka sorong dan vooler. Secara sederhana, jika kebocoran kompresi yang ditandai dengan menghitamnya dinding piston hanya beberapa milimeter dari ring, berarti piston dan ring masih layak untuk digunakan. Jika dinding piston yang menghitam sudah mencapai lubang masuk atau lubang keluaran atau lubang pen piston, sepertinya
memang waktunya untuk oversize, atau setidaknya ring pasti harus diganti baru.


Bersihkan kerak pada piston dan kepala cylinder dengan menggunakan bensin dan sikat gigi bekas, jangan gunakan sikat logam atau gertas gosok. Arah penyikatan usahakan melingkar sejajar dengan alur ring piston. Untuk kerak yang tebal, gunakan skrap plastik, atau barang semacamnya yang bukan terbuat dari logam dan lakukan dengan hati-hati. Jika ingin mudah, beli saja carbon cleaner Smiley

Setelah piston, rumah piston dan kepala cylinder bersih, pasang kembali. Ganti gasket dengan yang baru.
jika pengerjaan diatas selesai, pasang kembali kabel kopling, kabel pemindah gigi dan kabel gas. Sudah pasti oli yang berada di kantong plastik sudah masuk ke dalam kabel, dan tentunya kabel akan bergerak dengan enteng. Jika kabel masih terasa berat, keluarkan saja, cari tahu penyebabnya. Idealnya ya ganti baru semuanya Sad
Terakhir, kembalikan semua ke bentuk aslinya, pasang busi baru, ganti oli, lalu coba deh…. Smiley
Ngantuk nih… ntar dilanjut lagi tentang busi dan stelan angin Smiley

NGAKALIN TUTUP BAN SEREP CORSA YANG HILANG

Posted on February 11, 2010 - Filed Under Tips and Triks | Leave a Comment
By : picolo 05
banyak vespa corsa yg tutup ban serepnya pada ga ada (ilang atau rusak). mo beli baru, barangnya susah didapet dan mahal. alternatifnya ya diakalin aja…
saya yakin banyak dari temen2 pemake corsa tahu trick ini, ada banyak variasinya dan ini salah satunya saja. boleh kan dishare disini…
pertama siapin perlengkapan yg dibutuhin, untuk versi ini:
tutup ban serep vespa PS (ring 8″), baut kepala 12/13 pnjg 10-12cm, mur 12/13 pnjg 2cm/lebih (biasa dipake untuk tutup kop silinder/pengikat velg vespa, dan ring 12/13


selanjutnya tahap pengerjaan dgn terlebih dahulu melapaskan aki dan dudukan ban serep dari body kurangi lebar wadah aki sekitar 1,5cm ato hampir sejajar dgn lebar aki

tempel dgn las mur pada dudukan ban serep (posisi tepat diatas baut pengikat ban serep bagian bawah)

bekas las2an bs di cat kembali agar terlihat rapi & bersih
setelah itu coba dipasang kembali semuanya dan coba pasang tutup ban serep PS td kemudian diikat/dikencangkan dgn baut panjang yg sudah disiapkan, kira2 seperti ini jadinya nanti.

dan bila tutup mesin kiri dipasang akan terlihat seperti ini

tidak terlihat kalo yg tertutup cuman separonya.
kalo dirasa perlu silahkan dicoba, maaf kalo ada kurang2nya-bs ditambahin disini untuk perbaikan..
thanks

kl soal merk sh apa aja mas, asal standar mutunya jelas, bertanggung jawab, dan minimal ada JASO FC, API TC, dan atau ISO L-EGC cukup bagus melindungi piston dan ringnya, dinding silinder, kruk as, dan bagian yg bergesekan lainnya namun mengakibatkan kerak yang cukup tipis dan asapnya jg lumayan tipis. dan yang terpenting jangan gonta ganti merk oli karena lapisan film dr oli sbelumya belum tentu menerima lapisan film dari merk oli yg baru. hehee
kalau mau yg lebih bagus lg yg standarnya JASO FD, API TD, dan atau ISO L-EGD namun harganya min 70rban. dan sebaiknya cukup yang semi syntethic atau synthetic blend saja, karena yg full synthethic aka 100% synthethic (100rb keatas) akan mengakibatkan ruang bakar kotor pd mesin 2 tak yang standar dan suhu mesinnya lebih adem dibandingkan mesin 2tak berperforma tinggi. namun dengan syarat produsen oli tsb tidak asal dalam pencantuman standar olinya.hehee
saya pernah baca di tabloid otomotif sekitar tahun 2004 atau 2005 bahwa hal diatas pernah diuji di tabloid tersebut. memang sih oli samping full synthethic ibarat kata lapisan filmnya ibarat jala yg rapat dan tahan sobek menutupi permukaan logam yg bergesekan namun sisa pembakarannya akan tebal pd mesin yang tidak berperforma tinggi karena oli tsb akan mulai terbakar (baru akan lho) diatas suhu 270 derajat celcius sedangkan oli semi synthethic aka synthethic blend baru terbakar pd suhu diatas 70 derajat celcius.
nahh kebayang kan kalo vespa kita msh standar tp coba2 pk yg full Synthethic.
selain tu faktor yang gak kalah penting adalah keberadaan additif yg bernama “DILUENT” yg kerjanya sebagai penggabung bensin dan oli agar tercampur sempura tanpa diaduk. yah mirip2 kayak sabun yang mampu menyatukan air dngn minyak. hehee
keberadaan ni zat mudah diketahuinya, caranya isi botol bening dengan bensin secukupnya lalu tuangkan oli samping kedalamnya dengan perbandingan 2-2,5% atau 20-25 ml oli samping tiap liternya. perhatikan dengan seksama proses kelarutan oli sampingnya, jika amat cepat larut tanpa dikocok berarti produk tsb pasti ada diluentnya.
namun pd produk oli racing alias for competition use only (200rb keatas per liternya), rata2 mengandung “Castor Oil (bukan Castrol)” alias minyak jarak seperti merk Castrol A747, shell Racing,Blandzald Gold, dan seabrek oli racing lainnya. oli racing sulit tercampur sempurna dengan bensin sehingga wajib dikocok dan seusai balap sema jeroan baik blok silinder hingga crancaseyang terlumasi oli itu hrs dibersihkan karena castor oil bakal berkerak keras atau lengket bagai gum (seperti permen karet).
namun hal nomor satu yg wajib diingat adalah semua uang yang kita belanjakan akan melayang sia-sia jika ternyata oli yg kita beli ternyata palsu.dan bahaya kerusakan mesin akan mengintai. heheee
moga bs membantu.

Spartan, Vespa 200 CC tapi irit BBM

Posted on February 17, 2010 - Filed Under Artikel VIO, Tips and Triks | 10 Comments
By : Spartan200

Kebanyakan orang mengatakan bahwa Spartan merupakan varian Vespa yang paling boros. Pendapat demikian sangat masuk akal, karena Spartan mengusung dapur pacu 200CC. Tahun 1989, Ortu beli Spartan dan saya pakai sampai sekarang. Konsumsi bensin 1 liter untuk 35 km dalam kota. Untuk luar kota 1 liter bensin bisa mencapai 40 km. Sebagai  perbandingan, konsumsi bensin segitu imbang dengan Mio Soul yang cuma 115 CC 4 Tak. Bahkan lebih irit dari Tiger Revo 200 CC 4 Tak. Bukan bermaksud menjelekkan merek yang lain, tetapi kebetulan saya juga memakai Mio dan Tiger. Perlu untuk diketahui bahwa Vespa mempunyai mesin yang sangat sederhana dan sangat-sangat efisien sehingga optimal dalam mengubah bahan bakar menjadi tenaga. Dengan catatan, spek mesin harus terjaga sesuai standard pabrik.
Spesifikasi Spartan saya adalah sbb:
Belum pernah turun mesin. 100 % Asli
Type                  : Spartan P200XE tanpa starter electric, tanpa accu.
Karbu                : DellOrto 24/24E
Pilot Jet            : 55/100
Main Jet           :116/100
Piston                : Standard
Lubang Hisap : Standard
Knalpot            : Standard
Bensin               : Premium
Oli Mesin         : Mobile 1 (Oli mesin 4 Tak), Ganti oli tiap 5000 km
Oli Samping    : Castrol, Campuran 2,5% langsung di tangki bensin, AOM tak digunakan.
Top Speed       : 115 Km/Jam pada gigi 3. Top speed gigi 4 gak pernah nyoba. Takut, maklum bukan pembalap hi…hi…hi…
Spartan dirancang untuk touring, bukan untuk road race ato drag. Kalo cuman untuk harian, jangan sekali-kali mengubah spek. Pemakaian kenalpot racing bisa menyebabkan bensin boros, dan loyo di tanjakan. Selain perubahan knalpot, hal utama yang menyebabkan Vespa boros adalah lubang hisap sudah longgar, yang menyebabkan bensin menyembur keluar dari lubang venturi karbu.
Jika spek masih sesuai standard pabrikan, tinggal gaya pengemudi yang juga sangat berperan dalam konsumsi bahan bakar. Spartan optimal jika dipakai pada kecepatan 50-70 Km/Jam. Dibawah atau diatas itu konsumsi bensin akan semakin boros. Dalam menarik tuas gas pun, usahakan seiring dengan pertambahan kecepatan, jangan dilakukan secara kontan kayak mau balapan. Hal ini yang butuh kesabaran extra. Maklumlah… 200 CC emang bikin tangan pengen muter tuas gas. Saat pindah gigi, tunggu sampai RPM udah stabil, agar daya mesin nggak ngedrop.
Busi spartan saya neeh…NGK T6000

Jika pengapian, suplai bensin dan stelan angin pas, akan terlihat warna elektroda busi coklat kemerahan. Busi ini sudah menempuh jarak 2000 Km sejak terakhir dibersihkan. Total jarak yang sudah ditempuh sekitar 4000 Km.
My Spartan, P200XE 1989

Coba pake jok model lama, biar tampak klasik gitu…

Tips merawat Motor Vespa anda

Posted on February 23, 2010 - Filed Under Tips and Triks | 26 Comments
vespa-service
Merawat Busi
Vespa identik dengan Busi. Hal ini disebabkan Vespa adalah kendaraan roda dua yang paling sering ganti busi. Tapi apakah Vespa kita bisa dibikin tidak gonta ganti Busi ? Jawabannya bisa.
Busi yang berumur panjang (tdk gonta-ganti) tidak sulit. syaratnya adalah perawatan yang telaten dari pemakai kendaraan. Dalam bahasa montir bengkel “TIDAK ADA BUSI MATI”. Apakah benar kata-kata itu ? Dibawah ini pengalaman penelitian kecil telah membuktikan, bahwa busi motor vespa tdk perlu gonta ganti, alias berumur panjang.
Busi terdiri atas dua titik dari arus positif (+) dan arus negatif (-). Kedua titik tersebut jika dihubungkan dengan pengaturan dari platina / CDI akan menghasilkan / memercikan api. Api inilah yang akan membakar Bensin yang telah dikabutkan oleh karburator. diantara kedua titik tersebut (ditengah) akan dilapisi oleh isolator.
Busi suka dikatakan MATI dan harus diganti jika lapisan isolator tersebut ditutupi oleh kerak/jelaga hasil pembakaran di ruang Blok mesin. Kenapa ada kerak ? jawabannya adalah pada kualitas bahan bakar dan oli pelumasan yang terdapat di Vespa. ingat Vespa itu kendaraan 2 tak, jadi bensin yang dibakarnya mengandung banyak oli.
Bahan Bakar (bensin) dengan kualitas (oktan) rendah akan menyisakan banyak jelaga pada komponen-komponen pembakaran. Jika memungkinkan sebaiknya kendaraan bermotor memakai bensin oktan tinggi semisal Pertamax keluaran Pertamina atau Shell super. Demikian juga dengan oli samping, akan banyak meningggalkan kerak / jelaga jika oli samping dengan kualitas (bahan aditif) yang rendah. Dan mengingat di pasaran banyak beredar banyak merk oli samping, kepada para pemilik kendaraan scooter memiliki pemahaman bagaimana memilih oli yang baik. Jangan lupa banyak juga oli samping palsu yang beredar.
Untuk mengatasi bertumbuknya jelaga / kerak di busi (isolator) tadi bisa dilakukan dengan membersihkannya secara rutin. Bukalah busi dari cilinder cop. Bersihkan memakai kuas dengan kerosin / solar / bensin. atau bisa juga bersihkan dengan memakai sikat besi.
Kuas dan sikat tersebut hanya mampu membersihkan isolator yang kelihatan, bagaimana utk bagian dalam yang tidak kelihatan ?. Pergunakanlah 3 – 5 helai kawat baja dari tali kopling yang sudah tidak dipakai. Isi lubang isolator dengan bensin, korek terus bagian isolator busi yang telah ada keraknya, setelah dilihat kotor, tuang, lalu isi kembali dan korek beberapa kali. Jangan lupa lubang bagian isolator tsb harus dalam kondisi terendam oleh kerosin/bensin/solar, supaya kerak hasil korekan kawat bisa dikeluarkan.
Setelah bersih betul pasang kembali busi di dudukannya dlm cilinder cop. Ingat ketika busi dibersihkan HARUS dalam kondisi setelah dingin. Jangan sekali-kali mencuci busi ketika dalam kondisi panas (baru dicopot dari cilinder cop yg panas), karena itulah penyebab umur busi pendek.
Ingat cara manual diatas harus dengan kesabaran.
Cara manual ini Ada juga yang lebih cepat dalam membersihkan jelaga / kerak di lubang isolator busi. Cara cepat ini tentu saja mengandung resiko yang cukup besar, yakni dengan memakai air accu (air zuur) dan juga air raksa. Caranya dilakukan beberapa langkah seperti berikut :
  1. Tuangkan beberapa tetes air accu zuur kedalam lubang isolator busi, biarkan beberapa detik, kemudian tuang
  2. Setelah diras cukup membuang kerak, lakukan pencucian dengan mempergunakan sikat (Kuas) dan air sabun rinso.
Model dengan cara ini hanya beberapa detik langsung membersihkan kerak. Tapi sekali lagi jangan terlalu lama, sebab kalau lama, lapisan besi/logam yang tidak memiliki lapisan isolator akan tergerus oleh air zuur. jika lapisan tergerus maka busi akan menajdi terlalu tipis.
Resiko akibat memakai air zuur / air raksa juga ada, yakni jika uapnya terhirup hidung kita akan berbahaya. Hm ….. resiko cukup berat. Logam berat akan memasuki rongga pernafasan kita. Cara mengatasi supaya tidak terhirup adalah dengan memakai penutup hidung.
Sekedar anda tahu, jika ada orang yang menjual busi dengan tanpa baju, masih bersih, tapi harga miring, harap hati-hati, biasanya hasil praktek model begini. Hasilnya memang menakjubkan. Setelah kerak dibuang, lalu digosok dengan sikat dan rinso, maka dijamin kotoran dan lemak oli akan terbuang, Busi-pun jadi kinclong seperti keluar dari pabrik.
Selain dengan manual diatas ada cara lain utk membersihkan kerak yakni dengan memakai carburator cleaner. Tetapi jika dengan carb cleaner biasanya ada pengaruh terhadap busi, sebab ketika cairan carb cleaner di semprotkan, suhu busi menjadi terlalu dingin.
Jika busi dibersihkan secara rutin (3, 4, atau 5 hari sekali) , dan jangan menunggu hingga vespa mogok, dijamin busi tdk akan pernah mati.
Hal-hal yang menyebabkan busi mati
  1. Listrik yang dihasilkan spul terlalu kecil
  2. Coil terlalu lemah
  3. Platina / CDI lemah
  4. Rendahnya kualitas Bensin
  5. Rendahnya kualitas Oli samping
Jadi biar kita bersihkan terus jika ada gangguan 1 dari kelima hal diatas, biasanya mempercepat rusaknya busi. Karena itu tetap kontrol kondisi kelimanya, atau kalau bingung periksa secara rutin oleh bengkel/montir.
JANGAN PERNAH MEMBUANG BUSI
Jika kita terpaksa mengganti busi busi jangan pernah dibuang, sebab busi yang bekas pakai dan disimpan lamaaaaaa…. kemudian dipakai lagi, biasanya pengapiannya cukup bagus.
Setelah tidak dipakai cucilah busi dengan minyak tanah dan simpanlah. besok lusa atau bahkan tahun depan sedang butuh, insya allah bisa dimanfaatkan
MERAWAT BUSI SUPAYA AWET
Jalan paling mudah memelihara busi adalah dengan memelihara atau memperbaiki kualitas bahan bakar (bensin) yang masuk ke ruang bakar (blok mesin). langkah kedua adalah memelihara kualitas karburator, sebab semakin baik karburator, semakin bagus pula kualitas pembakaran.
langkah yang lain adalah langkah cukup nyeleneh, alias tidak ada Standar Operasional Pabrik (SOP) nya dari pabrik adalah dengan merebus busi. Langkah terakhir inilah yang cukup jitu. ya paling tidak oleh para sekuteris cekak rupiah, kayak anak pelajar.
Langkah tanpa SOP pabrik ini adalah sbb :
1. kumpulkan beberapa busi bekas, atau bisa juga busi baru beli. 2. siapkan rebusan air di panci sebanyak setengah panci diatas kompor. 3. setelah mulai panas (bergolak), masukan busi kedalam panci, biarkan beberapa saat sampai air menjelang habis. Ingat jangan menambahkan air dingin, sebab suhu busi akan berubah.
Jadi cara merebusnya mirip seperti orang mau merebus ketupat. Jangan sampai air habis, dan jangan dulu angkat busi jika air mendidihnya di panci masih banyak. kalau distandarkan waktu adalah dengan merebus selama 10 menit, 15 menit, 20 menit dst.
Semakin lama merebus, maka akan semakin lama busi dipanaskan, maka kualitas busi yang dihasilkan akan semakin baik.
Akan lebih bagus jika busi baru dibeli juga diperlakukan sama. Pengalaman family-ku di Tegal. busi baru yang dipakai vespa dengan melalui proses rebus, 5 tahun ga pernah ganti busi.
Sekali lagi ingat pepatah JANGAN PERNAH MEMBUANG BUSI
MERAWAT ACCU
Accu untuk jaman sekarang menjadi benda vital untuk kendaraan bermotor, termasuk vespa. Accu perlu perawatan sebab setiap kali mesin dihidupkan, maka accu akan tersisi arus listrik.
Ketika arus listrik masuk ke accu, maka elemen dalam accu akan bereaksi. Reaksi dari accu inilah yang mengakibatkan (1) suhu air accu memanas lalu menguap, (2) kepala accu khususnya yang positif (+) akan ada penggumpalan dan biasanya menyebabkan karat.
Karena itu kontrol dan isi terus air accu, paling tidak sebulan sekali. Demikian juga kepala accu harus sering dibersihkan dengan kuas yang telah dibasahi pakai air panas.
Jika dirawat rutin accu awet dan terus bisa dipergunakan. Dan jangan dilupakan, jika scooter kita lamaa……. tidak dipakai lebih baik accu-ny dilepaskan aja. tuang / keluarkan air accu lalu simpan dalam kondisi kering dan terbalik. Maksudnya supaya lubang accu ada dibawah. Ketika hendak dipakai, lakukan pengisian air zuur dan air accu, seperti accu baru.
Perawatan tersebut diatas hanya untuk accu cair, sementara untuk accu kering tidak berlaku. Bagaimana untuk perawatan accu kering ?
Accu kering tidak perlu perawatan pemeriksaan air accu, tetapi karena dia tidakberair maka bebas perawatan. Hanya saja perlu diingat, accu kering punya musuh, yakni kepala accu tersiram air (pala + uatamanya). Jika pala + tersiram air biasanya listrik yang dihasilkan tidak maksimal. Musuh kedua accu adalah terjadinya hubungan pendek antara subu + dengan sumbu -. karena itu biasanya jika kita memakai accu kering, semua kepala accu ditutup lapisan plastik.

Cara menghidupkan Koil Vespa pada saat darurat

Posted on April 29, 2010 - Filed Under Tips and Triks | 11 Comments
Cara menghidupakan Koil (tuk kondisi darurat)

Bro, sis, n bung Momod VIO mo numpang melaporkan hasil eksperimen ya. hehee
Begini ceritanya. hehee. saya memiliki koil Merk KGD atau sering disebut koil PX lokal yg ciri2nya di bodi koil ada tulisan FL dan INDONESIA serta KGD di cop businya. koil ini saya beli akhir 2003 dan akhrnya bermasalah akhr 2009. Koil ini telah lemah tp belum koit total sehingga apinya putih kecil dan kadang membesar tp merah warnanya dan membuat lari vespa tertahan bahkan buat vepa susah hidup walaun saya dh pk magnet bajaj. Cukup susah sekarang menemukan koil yg dahulu seharga 40rb ini sehingga sekarang pakai koil Danmotor tp api putihnya gak segede KGD wkt dlu.
Saya memiliki teman anak SMU 5 bgr dan pernah memberi saran bahwa koil yg dah lemah dapat normal SEMENTARA dengan cara memukul koil tsb dengan bagian belakang obeng besar. nahh, td malam (14 feb)saya mencoba cara tsb.
Sesuai saran teman saya tsb maka koil saya getok2 pk gagang belakang obeng besar bodi koil yg item kenceng2 dari berbagai penjuru (gak ragu krn ni koil rusak niatnya emang mau dibuang) sekitar semenit tp tanpa membuatnya terkelupas. lalu saya pasang menggantikan KOIL Danmotor. setelah terpasang lalu saya mendekatkan kabel businya ke sekrup penahan throttle karbu dan menyelahnya dengan perlahan.
Aneh bin ajaib ternyata apinya membesar dengan warna putih bahkan lebih besar daripada api dr koil Danmotor (yg resin pelindungnya kuning bening) dan saya test jalan td malam n td pg ternyata dapat membuat vespa berjalan normal. hehee
Kesimpulannya adalah kl koil yg lemah dn belum koit total dapat dihidupkan sementara dngn cara memukul2nya dengan gagang obeng besar. tips ini tidak berlaku dan tidak dianjurkan pd koil yg masih normal karena dikhawatirkan malah dapat merusak total koilnya, dan pastikan wkt menggetok koil jngn sampai membuat koil terkelupas yg dapat mengakibatkan kebocoran tegangan. oya saya jg kesetrum pas vespa vbb saya nyala dan saya pegang pangkal kabel koilnya.
Koil eksperimennya msh saya pakai dan ingin saya ketahui batas maksimal hidupnya setelah dihidupkan ulang (digetok)dan akan saya laporkan kl koit lg. tengkyu jg tuk temen saya itu yg memberikan tipsnya. moga hasil eksperiman saya bermanfaat.

Tips Supaya Vespa Tidak Boros

Posted on June 8, 2010 - Filed Under Artikel VIO, Tips and Triks | Leave a Comment

bro ngakalin supaya vespa tuh gak boros gimana ya bro,waduh sampe tekor saya mikirinnya, hehehe please bro share ya Smiley
Cara ngakalin supaya vespa gak boros, salah satunya yaitu dengan mengkondisikan supaya vespa kita memiliki sistem pembakaran yang bagus (sesempurna mungkin)
Untuk dapat terjadi pembakaran yang sempurna, setidaknya ada tiga unsur yang mempengaruhi :
1. Bahan bakar yang bagus yang siap untuk dibakar
2. Api yang bagus untuk membakar point 1
3. Waktu pengapian yang bagus : pertemuan antara bahan bakar dengan api.
1. Bahan bakar yang bagus.
Yang dimaksudkan di sini ada perpaduan yang pas antara bensin dengan oksigen, dimana prosesnya dilaksanakan di karburator.
Jika terlalu banyak oksigen (udara/angin) dan kurang bensin dalam prosentase gas yang akan dibakar, maka hasil pembakaran tidak maksimal.
Demikian pula terlalu banyak bensin dan kurang oksigen membuat pemakaran juga tidak akan sempurna.
Dalam hal ini peranan karburator dan settingannya menjadi sangat penting.

2. Api yang bagus.

Api yang bagus sangat diperlukan untuk membakar campuran gas bahan bakar yang bagus,
supaya menghasilkan pembakaran yang juga bagus.
Sekalipun cetusan api terjadinya di busi,tetapi di dalamnya melibatkan komponen lainnya, misalnya : tutup kepala busi, kabel busi, koil, platina atau CDI, dan sumber dayanya (spool dan magnet).
Jika ingin pembakaran yang sempurna, maka deretan komponen2 penghasil api tersebut semuanya harus dalam kondisi prima.
Karena dari kondisi yang prima itulah akan dihasilkan api yang bagus, dan api yang bagus itulah yang menunjang adanya pembakaran yang sempurna.

3. Waktu pengapian yang bagus.
Maksudnya adalah waktu yang tepat untuk terjadinya proses pembakaran.
Yaitu waktu di mana busi meletikkan bunga api dalam kaitannya dengan posisi seher dalam mesin (ruang bakar).
Jika vespa kita memakai CDI, maka untuk sementara point 3 ini bisa diabaikan;
walaupun sebenarnya perkembangan yg sekarang CDI-pun bisa diset untuk mengatur kapan saatnya busi akan memercikkan bunga api.
Jika vespa kita memakai platina, maka setelan waktu pengapian yang bagus ini seringkali kita kenal juga dengan istilah poor & na.
Imho, gabungan ketiga hal di atas inilah yang akan menghasilkan pembakaran yang baik, pembakaran dengan efesiensi dan efektivitas yang maksimal, sehingga dengan sendirinya setiap liter bensin juga akan mencapai daya tempuh maksimalnya.
Mengenai oli samping memang tidak sy masukkan, karena sekalipun oli samping juga akhirnya terbakar, namun sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan “sistem pembakaran” itu sendiri.
1. Mengenai “bahan bakar yang bagus”.
Kita tahu bahwa dalam proses pembakaran membutuhkan campuran udara (oksigen) dengan bahan bakar (bensin).
Perbandingan yang ideal untuk keduanya, kata orang yang ngerti, adalah 14,7 : 1.
Campuran dengan komposisi semacam itu akan menghasilkan pembakaran yang sempurna, dan gas buangnya juga relatif bersih.
Komposisi campuran udara dan bensin tsb acapkali disebut dengan AFR (Air Fuel Ratio).
Nah, yang sulit adalah bagaiamana menyetting karburator supaya menghasilkan AFR 14,7.
Dan rupa2nya teknologi karburator emang sudah mentok;
mau disetting bagaimanapun juga tidak mungkin menghasilkan AFR yang selalu sempurna.
Karena itu maka kemudian berkembanglah sistem injeksi, di mana pencampuran bensin dan udara tidak lagi dilakukan di karburator, melainkan bensinnya disemprotkan ke dalam mesin; dan jumlah diatur secara elektronik untuk seakurat mungkin disesuaikan dengan kebutuhan.
Dengan sistem injeksi pembakaran yang dihasilkan memang lebih sempurna, bensin lebih hemat, gas buang semakin ramah lingkungan.
Karena itu tidak mengherankan bahwa untuk standar Euro 2, mesin sudah diharuskan memakai sistem injeksi.
Kita bisa melihat, mau disetting sebagus apapun, karburator tidak akan pernah menjadi sempurna.
Terlebih lagi jika settingan karburator dikerjakan ala kadarnya; bisa dibayangkan bagaimana hasilnya.
AFR-nya jauh ke mana-mana, hasil pembakaran sudah pasti tidak maksimal, dan bahan bakarpun sebagian terbuang sia-sia (karena ketidaktepatan AFR), sehingga Vespa kita menjadi semakin boros.
Pernah ada yang mengatakan seperti ini :
“Jika perbandingan udara dan bahan bakar tidak ideal (tidak dikendalikan) menjadikan bensin boros pada campuran yang terlalu banyak bensin. Selain itu, pembakaran tidak sempurna, akibatnya emisi gas buang berlebihan dan tenaga tidak optimal karena energi kinetis yang dihasilkan pun tidak maksimal. Kerusakan mesin pada jangka pendek maupun jangka panjang lebih cepat terjadi.”
Campuran terlalu kaya, bensin boros.
Campuran terlalu miskin (lean), tenaga juga tidak maksimal, jadi main gas besar, mesin panas, dan bensin juga boros.
Praktisnya, supaya Vespa kita agak tidak boros, dalam kaitan dengan gas bakar :
- Pelihara kebersihan karburator, termasuk kebersihan saringan udaranya.
- Paking dari karburator ke mesin jangan ada yang bocor, demikian pula seal setelan angin.
- Pakai spuyer standar.
Atau kalo kondisi mesin/karburator sudah tidak standar, diujicobakan memakai spuyer yang paling sesuai (dan otomatis mendekati AFR yang seharusnya dibutuhkan).
Di beberapa thread, sy baca bagaimana para senior sudah membagi-bagikan ilmu dunia per-spuyeran-ini.
- Setting setelan angin semaksimal yang kita bisa untu mendapatkan AFR yang seharusnya.
Caranya nyetting setelan angin kurang lebih sbb :
Mesin dalam kondisi tidak dingin, jadi bukan dalam kondisi baru dinyalakan pada pagi hari.
Setelan langsam (yg putarannya di atas karbu) diperbesar sampai agak besar.
Setelan angin diputar ke kanan poll sampai menutup, kemudian dibuka diputar ke kiri satu setengah putaran.
Mesin dihidupkan, setelan angin diputar ke kanan dan/atau ke kiri sampai mendapatkan suara termaknyus (ada yg menyebutnya dengan suara terbesar, ada juga yg menyebutnya dengan suara paling nyaring, atau melengking).
Posisi tsb adalah posisi ter-ideal, dan masih bisa ditambah ke kanan atau ke kiri sedikit sesuai dengan selera.
Setelah tercapai kondisi tsb, setelan langsam di kembalikan ke posisi semula.
Langsam distel sekecil mungkin sehingga waktu masuk gigi 1 tidak menyentak, tetapi sekaligus juga jangan terlalu kecil sehingga langsamnya jangan gampang mati.
Setiap kali kita membangun sebuah blog baru atau situs web, kita selalu ingin diindeks oleh Google sesegera mungkin. Biasanya akan memakan waktu sekitar 1-2 minggu untuk Google untuk menjelajah dan indeks blog baru Anda atau website, sebenarnya kita dapat membuat proses indeks lebih cepat, mungkin memakan waktu 1-2 hari untuk mendapatkan diindeks. Ada banyak cara dimana Anda dapat lakukan untuk membuat proses indeks lebih cepat, seperti blog komentar, bertukar link, dan lain-lain



Baru saja saya membuat blog baru.Apa yang saya lakukan sangat sederhana, saya akan mensubmit blog baru saya di situs website pensubmit dan social bookmark, . Biasanya situs-situs tersebut memiliki PageRank tinggi dan mudah untuk mendapatkan diindeks oleh Google. Itu akan menambah SERP., Anda mungkin akan mendapat backlink dari setiap situs yang anda submit. dibawah ini ada 3 cara agar blog cepat diindexs dalam 2 hari. Setelah blog baru diindeks oleh Google, maka link Anda akan mudah dijelajahi oleh Google spider dan akan segera diindeks.coba uji blog anda



3 Langkah Untuk Uji Website Anda Dan Dapatkan Backlink



1) Berikut ini adalah daftar situs nilai situs web. Salin dan paste di notepad, ganti yourdomain.com ke URL website Anda. Beberapa dari mereka mungkin atau tidak dapat berfungsi, tapi tidak apa-apa, hanya menggunakan semuanya.



websitevaluebot.com/www.yourdomain.com

peekstats.com/yourdomain.com

webworth.info/yourdomain.com

statswebsites.com/www.yourdomain.com

cash81.com/www.yourdomain.com

nakedweb.org/www.yourdomain.com

tatlia.com/www.yourdomain.com

statout.com/www.yourdomain.com

georanks.com/www.yourdomain.com

webrapport.net/www.yourdomain.com

worthlook.com/www.yourdomain.com

worth.im/www.yourdomain.com

www.statbrain.com/www.yourdomain.com

www.builtwith.com/?yourdomain.com

www.aboutus.org/yourdomain.com

www.cubestat.com/www.yourdomain.com

whois.tools4noobs.com/info/yourdomain.com

www.alexa.com/siteinfo/yourdomain.com

www.alexa.com/data/details/?url=yourdomain.com

www.siteadvisor.cn/sites/yourdomain.com

whois.domaintools.com/yourdomain.com

www.aboutdomain.org/backlinks/yourdomain.com

www.whoisya.com/yourdomain.com

www.who.is/whois-com/yourdomain.com

www.robtex.com/dns/yourdomain.com

whois.ws/whois-info/ip-address/yourdomain.com

whoisx.co.uk/yourdomain.com

www.quantcast.com/yourdomain.com

www.thegetpr.net/site/yourdomain.com

uptime.netcraft.com/up/graph?site=yourdomain.com

www.pageheat.com/heat/yourdomain.com

www.aboutthedomain.com/yourdomain.com

websiteshadow.com/yourdomain.com

domainsearch101.com/domainsearch/yourdomain.com

page2rss.com/page?url=yourdomain.com

www.surcentro.com/en/info/yourdomain.com

www.quarkbase.com/yourdomain.com

www.esitestats.com/yourdomain.com

websitevaluebot.com/www.yourdomain.com


2) Ini akan membawa Anda lebih lama untuk membuka satu per satu untuk menguji situs web Anda, sekarang Anda membuka URLOpener.com website, copy semua situs situs dari notepad dan paste ke URLOpener, dan tekan submit.



3)Bila Anda sudah menekan submit, semua situs akan dibuka pada tab baru. Tahan selama satu menit bagi mereka untuk loading. Setelah semuanya telah benar-benar loaded, tutup semua tab dan Anda selesai!



Anda harus mencoba hal ini sendiri dan melihat berapa lama situs web Anda dan blog yang akan diindeks. Apakah Anda menemukan metode ini berguna? Apa yang metode lain yang Anda gunakan untuk mendapatkan blog Anda dan situs diindeks dalam waktu singkat?
I have inspiration to make page navigation with google style.Now I will give this for all of you if you want to use or modify base on you template style.



Step 1 : Log in to your blogger account and navigate to Layout section. Now go to the edit HTML subtab.



Step 2 : search this line ]]> and and add this CSS code below above ]]> code.



#nav a,#nav a:visited,.blk a{color:#000}

        #nav a{display:block}

        #nav .b a,#nav .b a:visited{color:#20c}

        #nav .i{color:#a90a08;font-weight:bold}

        .csb,.ss{background:url(http://i879.photobucket.com/albums/ab351/bloggerblogimage/pagenavi/nav_logo7.png) no-repeat 0 0;height:26px;display:block}

        .ss{background-position:0 -88px;position:absolute;left:0;top:0}

        .cps{height:18px;overflow:hidden;width:114px}

        .mbi{width:13px;height:13px;background-position:-91px -74px;margin-right:3px}

        #nav td{padding:0;text-align:center}
(If you blog black background color, change the address http://i879.photobucket.com/albums/ab351/bloggerblogimage/pagenavi/nav_logo7.png becomes http://img683.imageshack.us/img683/1649/navlogo6.png)

 Step 3 : Now search for this code or related in your template ( no need to expand widgets )








Now Add This script just below the .



if you can’t find you can search (ctrl+f) by this key ” id=’main’ ”



Now Add  script below just below the .





    ')             }else{document.write('')             }         }    


Warning :



In the code above you can edit this line only :

var pageCount=10;

var displayPageNum=6;

1 : var pageCount = 10;

The Pagecount represents number of posts to be shown in single page. Change the digit to show as many pages you want.

for example :

In my example I have put that value as 10 . In each page you can see only 10 posts .

The number have to same with your setting



The picture show from Setting –> Formatting –> Show –> 10 posts

2 : var displayPageNum = 6;

here the digit 6 represents number of pages to be listed.

For example :

In my example I have chosen 6 , then 6 pages will be shown.



Step 4: Modification Step for Label :



1 : Add Label Gadget (Layout –> page elements –> Add Gadget –> Select Labels)



2 : From Layout –> Edit HTML . Don’t Forget to backup your template (Download Full Template)



3 : Search this





change with code below

And Click “save template”
Lagi mau nyari review tentang hp (mau beli hp soalnya :D ) eh ketemu tips yang unik ini, Tips ini saya temuin di kaskus secara gak sengaja karena unik ya saya posting aja deh :) . sebelumnya saya pernah memposting artikel tentang CARA MAIN POKER FACEBOOK DI HANPHONE pada artikel tersebut saya menjelaskan bahwa untuk main poker facebook di hanphone hanya bisa dilakukan oleh IPhone namun sekarang bukan hanya IPhone saja yang bisa melakukannya ternyata handphone berbasis Symbian S60 3 dan 5 sudah bisa juga melakukannya, dan pasti nya dengan bantuan browser khusus yaitu skyfire, berikut adalah reviewnya.

SkyFire merupakan browser untuk handphone berbasis symbian s60 3 dan 5, spesifikasi ini biasanya dimiliki oleh handphone nokia seri E dan N, kelebihan browser skyfire dibanding opera mini yang masih sering digunakan oleh orang-orang adalah skyfire telah mendukung flash player, ajax, javascript dll, hal ini berarti skyfire juga dapat memainkan game-game yang ada di facebook dan tidak sebatas main poker facebook saja.
Fitur utama dari skyfire ini adalah:
  • Skufire dapat membuka suatu halaman website persis seperti yang terlihat pada PC.
  • Skyfire juga diklaim dapat lebih cepat ketika membuka suatu halaman web.
  • Skyfire dapat digunakan untuk menonton video Youtube di handphone, Hulu dan video sharing yang lain.
  • Skyfire juga telah support Flash dan juga Windows Media videos, hal ini juga termasuk Flash 10 dan juga Silverlight 2.0.
  • Support Ajax dan Javascript.
  • Ada fitur facebook dan twitter dengan hanya sekali klik.
Handphone yang sudah di tes untuk menggunakan skyfire adalah 5320xm 6220c E62 E66 E71x N73 N78 N81 N95 N96 6210N E61 E63 E71 E75 N76 N79 N85 N95 (8GB) dan PDA yang pakai windows mobile 6. Untuk yang lainnya silahkan di coba sendiri :D .
Untuk DOWNLOAD SKYFIRE silahkan langsung saja menuju WWW.SKYFIRE.COM atau bisa juga di unduh dari hp di M.SKYFIRE.COM.
NOTE: Perlu pulsa banyak buat main game facebook, makanya usahain mainnya pas lagi pake WI-FI :D

Minggu, 06 Juni 2010

Vespa
Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak mempunyai saingan lagi. Pasar sepeda motor Indonesia yang unik tidak memberikan kesempatan kepada Vespa untuk menjadi besar. Merek yang diedarkan oleh PT Dan Motor Indonesia ini mempunyai penggemar fanatik, dan klub-klub penggemar Vespa (terutama Vespa klasik) menjamur diberbagai kota di Indonesia, Juga sering disebut Piaggio Kodok karena mirip VW Kodok.

Jenis-jenis Vespa

Vespa memiliki banyak tipe, diawal kemunculan nya pada tahun
1945 sampai 2008 telah tercipta tipe/jenis-jenis vespa yang merupakan bintang pada tahun nya. berikut ini jenis-jenis nya :







Vespa MP6 Prototipe, 1945









Vespa V30, 1951











Vespa VL1, 1955









Vespa GS V2, 1956








Vespa GS Mk1, 1962









Vespa Super-Sprint 90, 1965








Vespa Primavera, 1968








Vespa Rally, 1972










Vespa New PX, 1998/1999










Vespa ET4, 2001











 Vespa LX, 2005-2007











 Vespa GTV, 2007-2008










 Vespa S, 2008












TV ONLINE